Inilah Perkembangan Kasus Pembunuhan di Desa Hililaora Nias Selatan

Ket Foto: Pengacara Korban Nar Yaman Laia,S.H

Detikbrita.com Nias Selatan – Terkait Pembunuhan di Desa Hililaora Kecamatan Siduaori Kabupaten Nias Selatan, Provinsi Sumatera Utara. Minggu, 28/8). Pengacara Korban Berharap kasus ini dapat terungkap dan lebih cepat untuk menangani kasus ini, sebab masih banyak terduga pelaku penikaman yang belum ditahan.

Hal itu disampaikan Nar Yaman Laia, sebagai pengacara Korban Penikaman Mareti Laia (Almarhum) dan Korban Kedua AL kepada wartawan, Rabu, (07/9/2023).

“Yg diharapkan agar polres nisel harus lebih cepat menanggani perkara ini, dimana masih ada para pelaku penikaman yg menghilangkan nyawa org lain. dan penganiayaan masih belum ditahan untuk mepertanggung jawabkan perbuatanya sesuai hukum yg berlaku.”ungkapnya.

Lebih lanjut Nar Yaman Laia,SH. Mengungkapkan motif kejadian ini diduga para pelaku tersinggung, atas jawaban korban kepada Tersangka atau terduga pelaku penikaman, yang saat itu sambil berjalan ingin meninggalkan lokasi kejadian perkara.”bebernya.

“Dugaan sementara Motifnya dimana para pelaku  tersinggung “atas jawaban dari korban atas nama mareti sambil berjalan meninggalkan pertemuan, mengatakan bahwa besok saja kita lihat lokasi tanah sekaligus batas batas tanah karena ini sudah jam 9 malam. sehingga terjadi penikaman terhadap korban dan penganiayaan secara bersama2.”ungkapnya.

Ia kembali berharap kepada pihak Penyidik polres Nias Selatan agar semua yang terlibat sebagai terduga pelaku, untuk dilakukan penahanan. dan menurutnya kalau masih ada terduga pelaku yang terlibat tapi belum diproses, akan menimbulkan kekisruan dan ketidak adilan.”pungkasnya.

“apa bila para pelaku masih ada yg tidak diproses secara hukum maka akan menimbulkan kekisruan dan ketidak adilan dimasyarakat terkhususnya keluarga besar korban. semua para pelaku harus ditahan baik yg melakukan penikaman maupun pengeroyokan.

Dari hasil konfirmasi Via WhatsApp Rabu, (07/9/2022) perkembangan kasus ini kepada pihak Penyidik Polres Nias Selatan melalui Kasat Reskrim AKP. Fredy Siagian, menjelaskan bahwa untuk sementara belum ada tersangka baru.”Tidak ada pak,”jawanya singkat “ucap Kasat.

Namun pihaknya berharap secepatnya dapat terungkap dan menangkap pelaku Pembunuhan ini di Desa Hililaora Kecamatan Siduaori.”ujar Kasat.

“Harapan pihak polres atau penyidik:  segera terungkap dan menangkap pelaku.

Lalu ia juga menghimbau kepada sejumlah saksi-saksi yang telah di panggil terkait kasus ini, ada baiknya datang untuk memberikan kesaksian atau keterangan nya kepada penyidik.

Pihaknya kembali menegaskan bahwa, jika duakali dilakukan pemanggilan terhadap saksi tersebut, namun tidak datang, maka akan dilakukan penjemputan secara paksa.”tukasnya.

“Kita harapkan agar menyerahkan diri. dan apabila saksi yg sdh dipanggil 2 x tidak hadir, akan diterbitkan surat perintah membawa saksi.”tandasnya.

Diberikan sebelumnya, Kepada tersangka yang telah diamankan satu orang, dan telah disangkakan tindak pidana Pembunuhan atau penganiayaan, yakni Pasal 338 Jo Pasal 351 ayat (3) Jo Pasal 55 ayat (1) ke (1e) Jo Pasal 56 dari KUHPidana. dengan ancaman maksimal 15 Tahun Penjara.”bebernya.(Penulis: Suasana H.).

 

BAGIKAN:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *