Aneh, Dikabupaten Nias Selatan diduga Putusan Pengadilan Tata Usaha Negara Tak Berlaku

Ket. Foto: Surat Penetapan Eksekusi Putusan PTUN-MDN

Detikbrita.com Nias Selatan – Putusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Medan, Penetapan Eksekusi Nomor: 184/2020/PTUN-MDN jo 130/B/2021/PT.TUN-MDN, diduga sengaja diabaikan oknum Kepala Desa Tuhegafoa Kecamatan Boronadu Provinsi Sumatera Utara.

Tampak dari isi surat penetapan eksekusi tersebut, menjelaskan bahwa ketiga Aparat Desa yang telah dipecat, dikembalikan ke posisi semula, sebab dalam Putusan Pengadilan Negeri Tata Usaha Negara Medan, mengabulkan permohonan pemohon seluruhnya. Maka surat Keputusan Kepala desa wajib hukumnya di cabut, artinya batal demi hukum.

“Salinan penetapan eksekusi Pengadilan Tata Usaha Negara Medan. Tanggal 10 Agustus 2022, sebagaimana dilampirkan dalam surat ini, sesuai ketentuan pasal 115, pasal 116, pasal 119 Undang-undang Nomor. 51 Tahun 2009 Tentang Peradilan Tata Usaha Negara dan Pasal 66 Ayat (5), Pasal 64 Ayat (5) Undang-undang Nomor. 30 Tahun 2014 Tentang Administrasi Pemerintahan.

Menurut informasi dari ketiga Aparat Desa ini, mengungkapkan bahwa, Sekalipun telah diserahkan kepada kepala Desa Tuhegafoa (Fanotona Laia), Surat Penetapan Eksekusi. namun hingga saat ini belum ada respon positif atas putusan pengadilan itu dari Kades”ucap ketiga mantan aparat Desa Tuhegafoa ini. saat di temui sejumlah awak media di Teluk Dalam, Kamis, (08/9/2022).

Sementara, Kades Tuhegafoa Fanotona Laia saat di konfirmasi, melalui telepon seluler, dan WhatsApp Kamis, (08/9/2020), sekalipun ada tanda centang terlihat dibaca, namun tidak menjawab pertanyaan wartawan. hingga berita ini diterbitkan.(Penulis: Suasana H.).

BAGIKAN:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *