Terkait ADD/DD di Desa Lolohowa, Inspektorat Nias Selatan Akan Melakukan Pemeriksaan

Detikbrita.com Nias Selatan – Inspektorat Nias Selatan (Nisel) Provinsi Sumatera Utara, saat ini sedang melakukan telaah. dan akan melakukan pemeriksaan terhadap kasus Dana Desa Tahun 2020, di Desa Lolohowa Kecamatan Lolowau.

Hal itu disampaikan Plt. Kepala Inspektorat Nias Selatan Amsarno Sarumaha, saat dikonfirmasi melalui WhatsApp Jumat, (07/10/2022).

“Ini kita sedang melakukan telaahan oleh Tim, dan mungkin akan kita lakukan pemeriksaan,”tuturnya.

Lebih lanjut dia menyampaikan bahwa pihaknya, akan melakukan koordinasi. baik kepada BPD dan Kades guna mengetahui permasalahan tersebut.

“Lebih lanjut koordinasi ke BPD dan kades.”pungkasnya.

Pihaknya berharap kepada Kepala Desa Lolohowa, untuk segera menyelesaikan masalah itu dan dokumen pertanggungjawaban dapat di selesaikan.

“Dokumennya segera diselesaikan dan segera kita lakukan reviu.”imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, Kepala Desa Lolohowa Tafakhoi Halawa, menyampaikan bahwa, sejumlah Dana ADD-DD Tahun 2020 yang belum terlaksana berada di tangan Bendahara Desa Lolohowa an. EH.

“Berharap kepada yang bersangkutan oknum mantan Bendahara Desa Lolohowa EH, uang 172 juta rupiah lebih yang masih berada ditangannya segera dikembalikan ke-Rekening Desa.

Namun hal itu, dibantah oleh mantan Bendahara Desa Lolohowa Elikasim Halawa, itu tidak benar, yang sebenarnya berada di tangan kepala Desa.

Sementara menanggapi pertanyaan wartawan Jumat, (07/10/2022) terkait dugaan Penyalahgunaan ADD-DD di Desa Lolohowa Kecamatan Lolowau Kabupaten Nias Selatan, Kadis BPMD Albert Duha, menyampaikan. Menunggu Peraturan baru tentang persyaratan pengajuan, dalam pencairan Dana Desa, sebab setiap Tahun ada perubahan.”tutur Albert Duha.

“Kita tunggu pmk baru sehingga tau kita syarat2 pengajuan dana desa ketua. Krn biasanya setiap thn terbit pmk ttng penyaluran dd se.indonesia.”ucap Kadis secara singkat.(Suasana H.).

 

 

BAGIKAN:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *