UPTD Puskesmas Amandraya Gelar Pelatihan Kader Desa Sekecamatan

Detikbrita.com Nias Selatan_ UPTD Puskesmas Amandraya Gelar Pelatihan Kader Kesehatan di 21 Desa Sekecamatan Amandraya, berlangsung di Aula UPTD Puskesmas Amandraya, Senin (17/10/2022).

Turut dihadiri, Camat Amandraya, Gandaria Harefa, A.Md, Kapus Amandraya, Eduard Buulolo, S.KM, Kades Tuindrao, Fatizanolo Ndruru, Staf UPTD Puskesmas Amandraya dan para Kader Desa.

Kepala Puskesmas Amandraya, Eduard Buulolo, S.KM, menyampaikan bahwa, pelaksanaan pelatihan kader desa khususnya  di 21 Desa sekecamatan amandraya, dengan guna dalam meningkatkan mutu pelayanan posyandu disetiap Desa masing-masing, sehingga pelaksanaan pelatihan ini sudah kami bagi menjadi 4 rayon mengingat keadaan Desa yang jauh.

“Sesuai dengan pertemuan kami bersama pimpinan dikabupaten bahwa amandraya sudah termasuk lokus stunting, sehingga sesuai informasi ada 2 desa yang masuk lokus stunting yaitu, 80% anak Desa Lolozaria dan 83% anak Desa Tuhemberua” Jelasnya.

Lanjutnya, ia jelaskan bahwa setelah kami menelusuri desa yang 2 dan masih ada desa yang lain, bahwa Kader desa selama ini kurang aktif dalam memfasilitasi kesehatan balita didesa, sehingga data bayi balita kita dari masing-masing desa saat ini kurang akurat yang aktif hanya data dari petugas puskesmas, katanya.

Ia juga mengharapkan kepada pembimbing materi agar menyampaikan tugas dan tupoksi masing-masing kader desa, sehingga kader desa kedepan lebih proaktif lagi dalam dalam membantu petugas posyandu, pintanya.

Camat Amandraya, Gandaria Harefa, A. Md, disampaikan pada arahannya bahwa, pelaksanaan pelatihan kader desa pada hari ini sangat kami apresiasi atas inisiatif kapus amandraya, dimana pelatihan kader desa ini sangat penting sekali dalam membantu masyarakat desa pada pelayanan posyandu.

ia juga mehimbau seluruh kader desa agar lebih sungguh-sungguh mengikuti pelatihan ini dengan baik, sehingga kami yakin bahwa kader desa kedepan lebih aktif dalam membantu petugas puskesmas dalam menuntaskan rembuk stunting, imbuhnya.

Camat Amandraya secara resmi membuka acara pelatihan kader desa di 21 desa sekecamatan amandraya.

Kades Tuindrao, Fatizanolo Ndruru, disampaikan pada sambutannya bahwa, Pelatihan kader desa ini kami sangat menyambut baik, dimana kegiatan pelatihan kader desa ini sangat bermanfaat dalam menunjang kegiatan posyandu didesa.

“yang mana kader desa selama ini, begitu kurang paham dengan tugas dan tupoksi masing-masing, sehingga data bayi balita, ibu hamil, dan lansia dapat dikerjakan oleh kami sendiri dan sekdes untuk menyampaikan data tersebut,” bebernya.

ia juga mengharapkan kepada keder desa, dengan adanya pelatihan ini, kami percaya bahwa pendataan ulang bayi balita, ibu hamil, dan lansia benar-benar data akurat kedepan.(April Ndr).

BAGIKAN:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *