Siswa di SMPN 2 Boronadu Sangat Minim 7 Orang, Kadis Berikan Himbauan Ini

Ket Foto: Papan Merek Sekolah SMPN 2 Boronadu

Detikbrita.com Nias Selatan – Terkait Jumlah Siswa SMPN 2 Boronadu Kecamatan Boronadu, Kabupaten Nias Selatan (Nisel) Provinsi Sumatera Utara, diduga hanya 7 orang, dan fasilitas sekolah tersebut cukup memadai, karena jumlah kelas ada enam (6) ruangan belajar. ditambah dengan Kantor Guru dan perlengkapan lainnya.

Masyarakat sekitar khawatir dengan jumlah siswa yang ada saat ini, dalam benak mereka sekolah ini bisa saja di tutup sementara waktu, Hal itu disampaikan salah seorang warga yang tidak mau disebutkan namanya, saat awak media bertanya tentang keadaan sekolah ini. Jumat, (04/11/2022).

Menanggapi terkait hal itu, Selasa, (08/11/2022) saat di konfirmasi awak media ini, dikantor Dinas Pendidikan Nias Selatan di Jln. Lagundri Arah Sorake Km 7, Kadis Nurhayati Telaumbanua, didampingi Sekdin Elisama Lase, Kabid SMP Temanikson Ndruru, dan Kabid PTK Yasatulo Lase,  menjelaskan bahwa, menurutnya jumlah siswa yang diinformasikan kepada awak media belum akurat. Maka dengan itu, pihaknya akan melakukan pengecekan didata Dapodik, dan juga akan mempertanyakan hal tersebut kepada kepala sekolah SMPN 2 Boronadu.

“Jumlah siswa itu belum pasti, tentu nanti kita lihat datanya di dapodik.Ini juga akan kita konfirmasi kepada kepala sekolah.”tuturnya.

Pihaknya juga menegaskan bahwa, Pemerintah Daerah saat ini belum ada rencana untuk menutup sekolah SMPN 2 Boronadu, alasannya adalah, setiap masyarakat berhak mendapatkan pendidikan.”tandasnya.

“Yang jelas sampai hari ini kita belum ada rencana menutup sekolah SMPN 2 Boronadu, karena masyarakat Indonesia berhak mendapatkan pendidikan. Pemerintah Kabupaten Nias Selatan tidak ada niat untuk menutup.”tegas Kadis.

Ia juga menghimbau kepada seluruh masyarakat disekitar SMPN 2 Boronadu, untuk menjaga sekolah tersebut atau memelihara, dan bekerjasama kepada warga setempat. begitu juga kepada awak media agar dapat memantau dan memberikan informasi proses belajar mengajar sebagaimana berjalan atau tidak.”pintanya.

“Himbauan kepada masyarakat sekitar SMPN 2 Boronadu, semoga dijaga sekolah itu, diberi pemeliharaan, dan juga kepada guru-gurunya supaya aktif, dan juga masyarakat bekerjasama untuk bisa memantau dan juga kepada mitra bagaimana berjalan tidaknya proses belajar mengajar SMPN 2 Boronadu.

Sementara itu, Plt. Kasek SMPN 2 Boronadu yang baru, “Rahmat Eli Laia, S.Pd. kepada awak media melalui sambungan telepon selulernya Rabu, (09/11/2022) menjelaskan bahwa, untuk saat ini jumlah siswa sesuai data di dapodik hanya 4 orang. Namun, tidak tertutup kemungkinan bertambah karena sedang di lakukan oleh orang tua murid perpindahan anak mereka.”jelasnya.

“Untuk sampai sekarang pertama masuk hanya 4 orang, tapi inikan lagi proses, sekolah mulai adanya aktivitas belajar mengajar disekolah, ada penambahan siswa. Sekarang ini orang tua siswa berusaha memindahkan anak sekolah dari SMP 1 dan SMP 4.”pungkasnya.

Rahmat Eli Laia, kembali menegaskan bahwa saat ini hampir mencapai 15 orang yang akan masuk, sedangkan yang aktif disana belajar ada 12 orang, namun dia mengakui jumlah siswa yang ada di data dapodik hanya 4 orang, sebab belum di input yang baru masuk.”ucap Rahmat Eli Laia.

“Jadi soalnya sekarang ini hampir 15 orang mau masuk, jadi kita masih menunggu SMP 1 dan SMP 4 untuk melepaskan anak didik yang sudah di tanda tangani permohonan orang tua. Sementara yang aktif disana mencapai 12 orang, tapi yang ada di data dapodik 4 orang, karena belum di validkan semua.”tuturnya.(Suasana H.).

BAGIKAN:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *