Pemkab Nias Selatan Melalui Kesbangpol Lakukan Penyuluhan Ini Alasannya

Ket Foto: Kaban Kesbangpol Fanotona Laia, SH., M.Kn

Detikbrita.com Nias Selatan – Pemerintah Daerah, melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Nias Selatan, Provinsi Sumatera Utara, membuat program penyuluhan di beberapa tempat, seperti Sekolah, Kantor Camat dan lainnya. tentang Bahaya Narkoba, yang kini menjadi isu Nasional.

Hal ini disampaikan Kepala Badan Kesbangpol Fanotona Laia, SH., M.Kn kepada awak media, di Kantornya Senin, 09/01/2023 Jalan, Km 7 Arah Sorake.

“Maka kita dari sisi Kesbangpol, turun kelapangan melakukan penyuluhan-penyuluhan kepada anak-anak sekolah, anak-anak kita, karena melalu sekolah muncul generasi bangsa dan negara, jadi kita turun kesekolah menyuarakan kemereka, jauhi narkoba dekati agama.”pungkasnya.

Kaban Fanotona Laia, mengajak dan berharap kepada seluruh masyaralat secara khusus Nias Selatan, agar dapat menjaga diri, keluarga, juga lingkungan tentang ketergantungan Narkoba, yang dapat merusak Ekonomi.

“Kita harapkan kepada seluruh masyarakat kabupaten nias selatan, supaya menjaga diri, mulai dari diri sendiri, keluarga, anak-anak dan juga lingkungan, untuk menjaga ketahanan ekonomi melalui apa yang dilakukan.”imbuhnya.

Lalu, Salah satu tujuannya adalah, menghindari hancurnya keuangan yang berdampak pada  Ekonomi yang lemah, akibat dari  pemakaian uang yang berlebihan hanya untuk belanja yang tidak ada gunanya. yaitu membeli Narkoba.

“jangan sampai dikeluarkan pendapatan itu dikeluarkan untuk hal-hal yang tidak bermanfaat. Contohnya, tentu dalam penyalahgunaan narkoba, dengan tidak keluar kebutuhan untuk itu, maka ketahanan ekonomi masyarakat itu ada.”tuturnya.

Menurutnya, Ketahanan ekonomi itu dapat di atasi, kalau  pendapatan masyarakat banyak terbuang tanpa manfaat, pasalnya, Penyalahgunaan Narkotika saat ini telah menjadi isu nasional.

“Bagaimana ketahanan ekonomi itu ada kalau memang kos pendapatannya itu banyak yang tidak bermanfaat, jadi kita tahu masalah penyalahgunaan Narkoba ini sudah menjadi masalah Nasional, musuh bangsa dan Negara kita.”ucap Kaban Kesbangpol saat itu.

Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa, alasannya harus mendekati agama, mendekatkan diri kepada Tuhan, disana akan mendapatkan Nilai-nilai Pancasila. antara lain, Nilai Ketuhanan, dan disana ada pemahaman tentang kebaikan atau yang bermanfaat.”pungka

“Kenapa mendekati agama karena didalam ajaran agama, kita mendapatkan daripada nilai-nilai pancasila. Contohnya, nilai ketuhanan yang Maha Esa, disana kita memberikan pemahaman kepada mereka, untuk menanamkan diri terhadap nilai-nilai Pancasila itu sendiri.”ujarnya.

Pancasila adalah ideologi bangsa dan Negara, dan dapat disebut Harga Mati, maka penting menanamkan di diri generasi muda bangsa ini tentang dasar-dasar Negara Republik Indonesia.

“Karena pancasila itu adalah Ideologi bangsa dan negara, dan bisa kita katakan pancasila itu sebagai ideologi bangsa dan negara adalah Harga Mati.”tandasnya.

Sehingga di Tahun Anggaran 2022 telah mengunjungi sejumlah sekolah, di berbagai wilayah atau kecamatan dan beberapa temapat lainnya.

“Ini ditahun 2022 kita sudah masuk di beberapa sekolah, seperti SMP Negeri 4 Fanayama,   di SMP Amandraya, kita juga masuk di kantor camat seperti Kantor Camat Toma, Kantor Camat Somambawa, dan ada beberapa tempat lain yang telah kita lakukan.”ujarnya.

Sedangkan Tahun 2023 program ini terus dilakukan, saat ini Badan Kesbangpol sedang merumuskan guna menyiapkan kesiapan-kesiapan pelaksanaannya.

“Rencana kedepan ini di Tahun 2023, ini kita lakukan terus, ini kita sedang merumuskan, jadi itu salah satu program kita yang harus kita tetap laksanakan kedepan.”bebernya kepada sejumlah awak media.

Penulis: Harita.
Editor: Suasana H.

 

BAGIKAN:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *