Wabup Nisut Launching Sub Pin Polio di Puskesmas Lotu

detikbrita.com-Polio adalah penyakit menular yang sangat berbahaya yang dapat menyebabkan kelumpuhan/kecatatan seumur hidup/kematian. Lotu, 13 Februari 2023.

Penyakit polio menular lewat air dan makanan yang terkontaminasi dengan tinja yang mengandung virus polio.
Tetes polio dapat di peroleh secara gratis di Posyandu, Puskesmas, sekolah dan pos imunisasi lainnya mulai tanggal 13 Februari 2023.

Kepala Dinas Kesehatan Ya’adil Telaumbanua, SKM.,MKM menyampaikan pada hari ini sangat bersyukur bisa melaksanakan pekan Imunisasi Polio. Kepala Dinas Kesehatan juga menjelaskan penyakit Polio ini tidak ada obatnya, maka salah satu yang harus di lakukan yaitu pencegahan dengan melaksanakan SUB PIN Polio. Dan pada hari ini sudah di mulai di wilayah Kecamatan Lotu Kabupaten Nias Utara.

Kepala Dinas Kesehatan menghimbau kepada orang tua dan aparat desa, supaya anak-anak mulai dari 0-59 bulan dapat di berikan 100 % Vaksin Polio ini.

Camat Lotu menyampaikan wilayah kecamatan Lotu ada 13 desa dan sudah melakukan koordinasi dan menyusun jadwal selama 1 Minggu kedepan untuk segera dilaksanakan imunisasi vaksin polio.

Camat lotu juga melaporkan jumlah anak yang hadir pada hari ini khususnya di desa Lawira Satua Kecamatan Lotu Kabupaten Nias Utara yang layak menerima Vaksin Polio kurang lebih 82 orang.

Wakil Bupati Nias Utara Yusman Zega, A.Pi, M.Si pada arahannya menyampaikan penyakit polio ini sangat berbahaya, anak-anak yang belum di vaksin lebih rentan terserang penyakit polio ini.

Wakil Bupati Nias Utara berharap kepada petugas kesehatan supaya melakukan pelayanan semaksimal mungkin, karena jumlah anak 0-59 bulan di Kabupaten Nias Utara yang layak mendapat vaksin polio sebanyak 900 orang, dan ini menjadi tanggung jawab Dinas Kesehatan.

Kegiatan ini di hadiri oleh, Wakil Bupati Nias Utara, Staf Ahli, Kepala Dinas Kesehatan, Camat Lotu, Kapolsek Lotu, Kepala Desa Lawira Satua, Wakil Ketua TP. PKK Kabupaten Nias Utara, Ketua TP. PKK Kecamatan Lotu, dan orang tua serta anak yang di vaksin. (Dz)

BAGIKAN:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *