Wabup Nisut Inspektur Upacara Harlah Pancasila 2023

Sumut, Detikbrita.com-Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 01 Juni 2023 Kabupaten Nias Utara bertempat di Halaman Kantor Bupati Nias Utara dengan Tema ‘Gotong royong membangun peradaban dan pertumbuhan global’ bertindak sebagai Inspektur Upacara Wakil Bupati Nias Utara dan Komandan Upacara Danposal Lahewa Letda Laut (T) Jonni Wanto HarefaLotu, 01 Juni 2023

Wakil Bupati Nias Utara, Yusman Zega. yang bertindak sebagai Inspektur upacara membacakan sambutan Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi.

Pancasila yang lahir pada 1 Juni 1945 setelah adanya deklarasi hasil rapat PUPKI menyatakan bahwa pancasila ditetapkan sebagai dasar dari philosofische grondslag atau bisa dikatakan sebagai dasar filosofi bagi bangsa Indonesia tercinta.

Pancasila sebagai pondasi negara dan pandangan hidup negara, maka sudah dipastikan harus ikut dalam dialektika peradaban dunia. Namun harus tetap tangguh dan berdiri tangguh dan berdiri kokoh sebagai dasar filosofis bangsa Indonesia yang akan terus berkembang dan tak pernah berhenti pada tiap detik dan waktunya.

Dalam sambutan tertulis Gubernur Sumatra Utara ,Edy Rahmayadi yang dibacakan Wabup Nias Utara mengatakan menjadikan peristiwa 1998 sebagai contoh tangguhnya Pancasila. Peristiwa kelam itu dapat dilalui hingga lahirnya era reformasi. Di tahun itu terjadi ketimpangan, kesenjangan hingga penyelewengan nilai-nilai pancasila dan menyebabkan perpecahan hingga kekacauan.

Maka dengan semangat pembaharuan yang menggelora pada tiap bangsa Indonesia yang juga didukung kuat oleh nilai-nilai pancasila, lahirlah reformasi yang kini membuat kehidupan
menjadi nyaman dan tentram.

“Nilai-nilai luhur pancasila perlu dibumikan kembali melalui berbagai kegiatan di lingkungan masyarakat di tengah-tengah keberagaman, karena pada saat ini pengamalan dan penghayatan nilai-nilai luhur pancasila sangat penting sebagai upaya merekatkan kebersamaan, persatuan dan kesatuan bangsa yang majemuk ini,” katanya melanjutkan.

Gubernur juga mengajak seluruh masyarakat Sumatera Utara, melalui hari lahir pancasila 1 Juni 2023 ini, agar bersama-sama membangun jiwa semangat 4 pilar kebangsaan yaitu Pancasila, Undang Undang Dasar 1945, NKRI san Bhinneka Tunggal Ika dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Atas nama pemerintah Propinsi Sumatera Utara, mengajak seluruh elemen masyarakat untuk turut mensukseskan pelaksanaan Pilkada serentak secara damai, aman dan lancar serta terhindar dari gangguan-gangguan keamanan.Kami berharap agar masyarakat tidak mudah terpancing isu-isu hoax dan ujaran kebencian serta faham-faham radikalisme yang berkembang dan dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa,” kata Gubernur pada bagian akhir sambutannya.

Hadir pada Upacara tersebut, Sekda Kab. Nias Utara, Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD, Kakan Kemenag Kab. Nias Utara, Pabung Kodim 0213/Nias, Kapolsek Lotu, unsur TNI/POLRI, ASN dan THL dilingkup PemkabNias Utara dan Siswa Siswi Sekolah di Kab. Nias Utara. D,z.

BAGIKAN:
Writer: Duhuaro ZegaEditor: Doni efendi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *